KY dan Kejagung kerja sama pengawasan hakim

komisi yudisial (ky) juga kejaksaan agung (kejagung) menandatangani kerja sama dalam jenis pengawasan hakim.

kerja sama ini dibangun dengan objek wisata yang sama yakni penegakan hukum bisa ditegakkan melalui menarik, tutur komisioner ky ibrahim, pada jakarta, rabu.

menurut dia, tugas ky salah satunya soal pengawasan hakim, dimana tersebut berbagai tidak mampu dilaksanakan dengan lembaganya dengan keseluruhan.

untuk itu kerja sama ini diharapkan akan lebih menyebabkan bukan cuma apa hakim bekerja bagus namun tegaknya peraturan selama negeri ini, katanya.

jaksa agung basrief arief menyampaikan kerja sama ini sebagai langkah perbaikan bersama, supaya sesuai tugas serta kewenangannya.

kerja sama ini untuk memelihara perilaku hakim, oleh karenanya mou ini dilaksanakan pas kewenangan masing-masing, tutur basrief.

jaksa agung ini dan menyinggung jaksa ataupun hakim tertangkap tangan serta diberhentikan karena pelanggaran sekalipun tunjangan telah naik namun keuntungan ini tidak menjamin.

penguatan lembaga hukum tak bermakan jika di prakteknya tidak dibarengi melalui orang-orang yang kredibel serta bermoral. dari sinilah langkah-langkah perbaikan bisa kami bangun agar mencari pembenaran urusan-urusan, ujarnya.

ketua ky eman suparman mengatakan sinergi ini adalah komitmen kami dalam rangka menegakkan martabat perilaku hakim.

kami menyadari kami bukan penegak hukum, padahal selama uu baru ada tugas-tugas yang bersinggungan dengan hukum juga banyak amanat agar membayar santunan lembaga hukum, katanya.

eman menuturkan kerja sama ini berupa penyadapan terhadap oknum yang diawasi karena ada dugaan pelanggaran etik.

oleh sebab tersebut, mou ini merupakan suatu barang dan tidak mungkin diabaikan karena patokan suksesnya kami menjalankan amanat konstitusi tak bisa dilepaskan daripada stakeholder penegak hukum pada negara ini, papar eman.

dia serta mengatakan kejaksaan agung sangat membantu karena kaum jaksa dan hakim senantiasa berinteraksi ketika menyidangkan perkara terlebih pidana.

untuk tersebut, kami pun mampu menyewa bantuan seperti data investigasi, kata eman.

Informasi Lainnya: