Batik Motif Aceh Mulai diminati

batik-motif-aceh

batik motif aceh dengan bahan dasar kain tenun mulai diminati penduduk, khususnya pegawai negeri sipil dalam daerah itu, tutur sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah ada yang membuat batik di balai rumah batik binaan dekranas aceh. hampir seluruh pemerintah kabupaten/kota telah membeli agar pakaian wajib sampingan para pegawainya, ujarnya dalam banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple Murah ) selain untuk pakaian dinas tambahan, ada dan pihak swasta seperti perbankan dan dan membuat batik motif aceh, ujar netty yang ditemani koordinator balai rumah batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh antara rp250.000 hingga rp1 juta dan tergantung daripada jenis kainnya.

balai rumah batik rata-rata mampu memproduksi 200 potong bakal kain baju semua bulan. batik dan diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan serta milik dekranas aceh.

( Info: Grosir Batik ) ia menyatakan, terdapat pilihan jenis kain yang ada diminati penduduk pada provinsi paling ujung barat sumatera yakni berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) dan sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya dan paling diminati rencong, pintu aceh serta gayo, katanya lagi.

netty dan serta kepala jenis promosi dalam badan investasi serta promosi aceh tersebut menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia dan menyampaikan batik aceh memiliki motif yang membeli zat alam juga budaya juga perpaduan warna dan menonjol seperti merah, hijau, kuning dan merah muda.

motif yang digunakan di batik aceh serta mengandung makna falsafah hidup penduduk aceh.

netty menyatakan, program dekranas aceh ke depan rumah batik aceh tersebut mau direnovasi lebih baik lagi, oleh karenanya menjadi objek wisata juga pusat studi juga pelatihan.

jadi, anak-anak aceh dan mempunyai bakat disainer, bisa mempelajari dalam balai tersebut, disamping supaya melestarikan batik aceh, ujarnya.